-
Barbie lebih dari sebuah mainan anak perempuan. Selama 54 tahun terakhir, boneka plastik berukuran 11,5 inci tersebut telah menjadi ciri khas anak perempuan di Amerika. Barbie juga merupakan mesin uang. Tinggal klik Amazon, ada sekitar 45.532 ribu produk Barbie untuk dijual. Tahun 2012 lalu, penjualan global Barbie turun 3% menjadi sekitar US$1.3 miliar di seluruh dunia. Di Amerika Serikat bahkan lebih buruk. Penjualan domestik Barbie jatuh mengejutkan hingga 50% sejak tahun 2000 silam, dan berdasarkan BMO Capital Markets, turun menjadi US$460 juta di tahun 2012. Barbie sekarang menyumbang 20% pendapatan untuk Mattel, yakni US$ 6.4 miliar, mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, yang mencapai sekitar 30%. Mattel, Inc. perusahaan yang memproduksi boneka fashion tersebut kini sedang disibukkan oleh produksi Max Steel, figur pahlawan super dengan tinggi 6 inci. Sebanyak 12 orang tim yang terdiri atas penulis skenario, animator komputer, seniman komik, dan desainer industri dikerahkan untuk menciptakan superhero figure tersebut. Max Steel baru akan diluncurkan pada Agustus 2013 mendatang.
(Anggita Dwinda Saraswati)
-